(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Rektor Undana Sebut Menwa sebagai Ladang Persemaian Pemimpin Bangsa

KUPANG – Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc mengemukakan, resimen mahasiswa (menwa) sebagai ladang persemaian pemimpin bangsa. Pasalnya, selain sebagai mahasiswa yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, anggota menwa juga belajar meningkatkan karakter, kedisiplinan, kepemimpinan, dan tanggungjawab serta soft skill lainnya.

Hal ini dikemukakan Rektor Undana, Prof. Maxs Sanam saat menjadi narasumber pada Seminar Kebangsaan yang digelar oleh Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) di Aula Sudirman Makorem 161 Wira Sakti Kupang, Kamis 9 November 2023.

Rektor Undana juga mengatakan, melalui pelatihan dan latihan yang ketat, mahasiswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan mengambil keputusan yang tepat.

“Resimen mahasiswa juga dapat menjadi ajang untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang inklusif dan berwawasan global. Dalam menwa, mahasiswa dari berbagai latar belakang dapat bekerja bersama-sama, saling menghargai perbedaan, dan belajar tentang keragaman budaya,” jelas Prof. Maxs Sanam.

Hal ini, lanjutnya, akan membantu mereka menjadi pemimpin yang mampu berkomunikasi dengan baik, memahami perspektif yang berbeda, dan mengambil keputusan yang bijaksana dalam konteks lokal maupun global yang semakin kompleks.

Rektor Undana, Prof. Maxs Sanam foto bersama Danrem 161/WS Kupang besrta jajaran, IARMI NTT, para kepala sekolah dan siswa peraih juara lomba mading.

“Melalui program ini, mahasiswa dapat mengembangkan kepemimpinan, kebangsaan, keterampilan soft skills, dan wawasan global yang akan menjadi modal berharga dalam memajukan bangsa dan menghadapi tantangan masa depan,” imbuhnya.

Rektor Undana juga berharap resimen mahasiswa terus diperkuat dan didukung agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi perguruan tinggi dan masyarakat.

Selain Rektor Undana, narasumber yang ikut memberikan materi, yakni Danrem 161/WS Kupang, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, SH., MM.

Hadir saat itu para tamu undangan yang adalah perwira TNI yang tersebar di tiga matra, yakni Kasi Pers Korem 161/Wira Sakti Kupang, Kol Inf Yudiono, Aspotmar Lantamal VII Kupang, Kol Laut Jonie Efendi, Letkol PNB Eddy Candra selaku Pekas TNI U El Tari Kupang, Danramil Kupang, Mayor Hendry Dunant, Ketua DPP IARMI NTT Fahmi Abdullah, Ketua IARMI DPK Kota dan Kabupaten Kupang, Stenly A. Boymau, serta masih banyak alumni Menwa lainnya. (rfl)

Comments are closed.
Arsip