(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Undana Tingkatkan Kompetensi Dosen melalui PEKERTI Batch 1: Pendidik Perlu Transfer of Attitude bagi Mahasiswa

KUPANG – Seiring dengan diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi maupun kurikulum berorientasi luaran atau Outcome Based Education (OBE) di Universitas Nusa Cendana (Undana), Pusat Etik, Pelatihan dan Monev, Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) di awal tahun ini kembali membuka kesempatan bagi dosen untuk mengikuti Pelatihan Teknis Instruksional (PEKERTI) Batch 1.

Kegiatan PEKERTI yang dilaksanakan secara virtual (daring) melalui zoom meeting tersebut, dijadwalkan berlangsung tanggal 26 Februari –  6 Maret 2025. Puluhan dosen baik dari internal dan eksternal Undana mengikuti PEKERTI ini guna meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.

Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc ketika membuka kegiatan tersebut menyerukan agar dosen tidak hanya melakukan pemindahan pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi dosen juga perlu mentransfer attitude (sikap) dan good character (karakter baik) kepada mahasiswa.

Menurut Rektor, hal ini menjadi penting, sebab hingga kini masih ditemukan kejadian kekerasan fisik, psikis bahkan kekerasan seksual di tengah masyarakat, termasuk dalam dunia pendidikan tinggi.

“Jadilah guru (dosen) yang tidak sekadar mengajar, jadilah pendidik yang tidak hanya mentransfer knowledge (pengetahuan-red), dan skill, tetapi transfer of attitude, bahkan transfer energi positif bagi mahasiswa. Itu baru dosen,” tandas Rektor Undana.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mengapresiasi Undana melalui LP3M yang sudah beberapa tahun ini menyelenggarakan PEKERTI. Pasalnya, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia diberi otoritas melakukan kegiatan ini.

Untuk diketahui, materi-materi penting dalam PEKERTI ini, antara lain Perubahan Paradigma Pembelajaran, SPMI Pembelajaran, Wawasan dan Pengembangan Kurikulum, Teori Belajar dan Pembelajaran, Keterampilan Dasar Mengajar, Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Desain Pembelajaran Aktif, Pengembangan RPS, Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah/Case Method, Pembelajaran Berbasis Project, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kontrak Kuliah dan Team Teaching, Penilaian Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran Daring, Etika dan Moral Akademik, hingga Pengembangan Profesionalisme Dosen, Penjelasan Teknis Pelaksanaan Praktek Mengajar, Post Test hingga Praktik Mengajar.

Comments are closed.
Archives